Kamis, 05 April 2012

MAKNA GOE SAYANG MOE

Salam bahagia sahabat-sahabatku. Menarik untuk dicerna sebuah postinganku kali ini yang memaparkan sebuah judul unik dalam bahasa daerah Flores Timur (Lamaholot) yang digabungkan dalam bahasa Indonesia. Sungguh sebuah kekayaan yang terpendam dimiliki bangsa ini karena keanekaragaman bahasa. Goe Sayang Moe (Aku Cinta Kamu) adalah sebuah kalimat keramat bertuah yang dilontarkan dari bibir sang pemilik cinta (lover). Namun, saat ini hampir pudar makna sesungguhnya, dan yang ada hanya sebuah kepalsuan ucap  lantaran sebuah kepentingan untuk menjarah. Goe Sayang Moe ( Kimi o ai shiteru /Japan) diharapkan terus dimaknai dalam setiap tindak bersosial agar cinta sebagai hukum utama dalam hidup terus ada dan berakar dalam hati. 


  • Goe Sayang Moe (Wo ai ni/ Mandarin) dari sudut pandang seorang Pemimpin:
Seorang Pemimpin yang bijak harus mempunyai perasaan sayang kepada Rakyatnya agar tidak hanya memikirkan perut sendiri tetapi memikirkan perut banyak orang. Seorang boss menimbulkan ketakutan; tetapi seorang pemimpin memancarkan kasih.
Seorang boss mengatakan AKU; tetapi seorang pemimpin mengatakan KITA.Seorang boss menunjuk siapa yang bersalah; tetapi seorang pemimpin menunjuk apa yang salah.
Seorang boss tahu bagaimana sesuatu dikerjakan; tetapi seorang pemimpin tahu bagaimana mengerjakannya.
Seorang boss menuntut rasa hormat; tetapi seorang pemimpin membangkitkan rasa hormat.
Seorang boss mengatakan PERGI!!!; tetapi seorang pemimpin berkata MARI KITA PERGI dalam kalimat Go Sayang Moe (bukan Pergi Selingkuh oooo)!!!

  • Goe Sayang Moe ( Ich Liebe Dich/ Jerman) dari sudut pandang Rakyat
Berkisah dari fakta yang ada, Rakyat tak lagi memaknai sebuah ajaran Goe Sayang Moe. Ini ditandai dengan terjadinya kekerasan dimana-mana baik terhadap perempuan dalam konteks KDRT maupun terhadap Pemimpinnya. Mengapa? Hal ini bisa terjadi karena terjadi krisis cinta atau sayang dalam diri. Jika ada kesalah pahaman mari diselesaikan dalam nada "Goe Sayang Moe" bukan meletup koaran bak api menjalar padang. Hendaknya saling menghormati satu dengan yang lain dan yakinlah tak ada korban kekerasan fisik dan Mental.

Akhirnya sahabat-sahabatku postingan ini kuakhiri dalam alunan Goe sayang Moe semoga kalimat ini menjadi makna dalam pemaknaan hidup. Jika ada yang kurang tolong di maafkan karena keterbatasan menjadi pemicu ketakmampuan akan tetapi bukan selamanya tak mampu...ha ha ha ha 

Salam Goe Sayang Moe, I Love You, aloha wau ia oi........................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar