Sabtu, 30 Juli 2011

SEMATKAN SELALU HARAPAN


Hope springs eternal in the human breast,demikian kata ALEXANDER POPE dalam An Essay On Man. Harapan itu selalu tumbuh di dada setiap insan.
Malu,marah,kecewa,putus asa sejenak, itu hal yang lumrah dalam kehidupan kita dan sangat manusiawi. Akan tetapi itu tidak boleh berkepanjangan, tidak boleh mengotori jiwa kita, sehingga kita menjadi tidak bahagia.Masih ingat kalimatnya GRAHAM GREENE dalam The  Power And The Glory? “ ...even in danger and misery the pendulum swings,” bahkan dalam bahaya dan penderitaan pun bandul jam itu tetap berayun. Itu berarti kita selalu boleh berharap, sesuatu yang baik akan datang.
Dalam majalah Reader’s Digest, majalah berformat kecil tapi sangat bernas, selalu ada rubrik   in Real Life
( Cerita berisi pengalaman berkaitan dengan hidup-mati yang sungguh-sungguh terjadi).


Artikel-artikelnya selalu menceritakan perjuangan seseorang atau sekelompok orang dalam menghadapi bahaya yang mengancam. Ceritanya pada umumnya berakhir dengan Happy End (akhir yang membahagiakan) atau  triump (kemenangan) atas bahaya yang mengancam tadi. Bagaimana orang-orang yang dalam bahaya itu bisa lolos bagai menerobos lingkaran Api? Kalau disimak secara mendalam, ternyata orang-orang yang berhasil menaklukkan bahaya itu adalah mereka yang mempunyai secuil harapan. Mereka berharap dan terus berharap untuk selamat, lalu berusaha keras untuk bisa menerobos bahaya itu.  
Oleh karena itu, sebagai manusia yang telah dianugerahi hidup oleh Sang Pencipta, SULUTLAH API HARAPAN DAN JAGALAH JANGAN SAMPAI PADAM. Kalau anda lulusan SMA yang belum diterima di salah satu perguruan tinggi, berharaplah bahwa pada satu saat Anda akan mendapat tempat dan kini mulailah belajar lebih giat. Kalau anda Mahasiswa dengan skripsi yang masih terkatung-katung, berharaplah bahwa pada suatu saat skripsi itu pasti diselesaikan dan sekarang bekerjalah lebih keras.
Kesimpulan kita: Manusia Hidup harus mempunyai Harapan. Para morfinis , pengisap Ganja, pemabuk adalah contoh orang-orang kehilangan harapan. Hidupnya menjadi sia-sia dan tidak bahagia. Kita harus senantiasa berharap bahwa sesuatu yang lebih baik akan datang dan kita harus berjuang untuk mewujudkannya. Dengan demikian kita sepakat dengan ALEXANDER POPE: Hope springs eternal in human breast. Harapan selalu tumbuh didada Manusia.
Sumber: Kiat Bahagia Oleh Wishnubroto Widarso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar