Senin, 01 Agustus 2011

BAGAIMANA MENGURANGI STRES

Mungkin ini tampak jelas bahwa tidak ada yang dapat dilakukan menyangkut tingkat stres. Tagihan tidak akan berhenti datang, tidak ada waktu luang dalam sehari untuk semua tugas dan karir Anda atau tanggung jawab keluarga akan selalu menuntut anda. Tapi Anda memiliki lebih banyak kontrol diri daripada yang Anda kira. Realisasi sederhana yang Anda lakukan untuk mengendalikan hidup Anda adalah dasar dari manajemen stres.
Mengelola stres adalah  mengambil tanggung jawab: mengambil alih pikiran, emosi Anda, jadwal Anda, lingkungan Anda, dan cara Anda menangani masalah. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, dengan waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan menyenangkan - ditambah ketahanan untuk terus di bawah tekanan dan memenuhi tantangan di kepala.

Identifikasi sumber stres dalam hidup Anda

Manajemen stres dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres dalam hidup Anda. Hal ini tidak mudah kedengarannya. Sumber sejati Anda stres tidak selalu jelas, dan itu semua terlalu mudah untuk mengabaikan Anda sendiri. Stres-merangsang pikiran, perasaan, dan perilaku. Tentu, Anda mungkin tahu bahwa Anda terus-menerus khawatir tentang deadline pekerjaan. Tapi  jangan kuatir itu mungkin  penundaan sukses Anda, bukan tuntutan pekerjaan yang sebenarnya, yang mengarah ke stres.



Untuk mengidentifikasi sumber-sumber sejati Anda stres, melihat di dekat kebiasaan, sikap, dan alasan:

  •      Apakah Anda stres untuk sementara waktu ("Saya hanya punya sejuta hal yang terjadi sekarang") meskipun Anda tidak dapat mengingat terakhir kali Anda mengambil nafas?
  •      Apakah Anda mendefinisikan stres sebagai bagian integral dari pekerjaan atau kehidupan rumah ("Hal-hal selalu gila di sekitar anda") atau sebagai bagian dari kepribadian Anda ("Saya punya banyak energi gugup, itu saja").
  •      Apakah Anda menyalahkan stres Anda pada orang lain atau peristiwa luar, atau melihatnya sebagai sepenuhnya normal dan unexceptional? 
 Lihatlah bagaimana saat ini Anda mengatasi stres

Pikirkan tentang cara Anda saat ini mengelola dan mengatasi stres dalam hidup Anda. Jurnal stres Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi mereka. Apakah strategi Anda rekam secara sehat atau tidak sehat, bermanfaat atau tidak produktif? Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara-cara yang menambah masalah.
Sehat cara mengatasi stres

Strategi ini untuk sementara dapat mengurangi stres, tetapi mereka menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam jangka panjang:

     merokok
     Minum terlalu banyak
     Makan berlebihan atau undereating
     Zonasi keluar selama berjam-jam di depan TV atau komputer
     Menarik diri dari teman, keluarga, dan kegiatan
     Menggunakan pil atau obat untuk bersantai
     Tidur terlalu banyak
     menunda-nunda
     Mengisi setiap menit hari untuk menghindari menghadapi masalah
     Mengambil stres Anda pada orang lain (memukul, ledakan marah, kekerasan fisik)

Belajar cara sehat untuk mengelola stres

Jika metode Anda mengatasi stres tidak berkontribusi lebih besar kesehatan emosional dan fisik, saatnya untuk menemukan yang sehat. Ada banyak cara sehat untuk mengelola dan mengatasi stres, tetapi mereka semua membutuhkan perubahan. Anda dapat mengubah situasi atau mengubah reaksi Anda. Ketika memutuskan pilihan mana yang untuk memilih, sangat membantu untuk berpikir tentang empat Seperti: hindari, mengubah, mengadaptasi, atau menerima.

Karena setiap orang memiliki respon yang unik untuk stres, tidak ada "satu ukuran cocok untuk semua" solusi untuk mengelola itu. Tidak ada metode tunggal bekerja untuk semua orang atau dalam setiap situasi, sehingga percobaan dengan teknik yang berbeda dan strategi. Fokus pada apa yang membuat Anda merasa tenang dan terkendali.


SEMOGA ANDA BAHAGIA
Sumber: Klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar